Daerah

Penguatan Kapasitas, Bawaslu Tikep Gelar Bimtek

Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kota Tidore Kepulauan menggelar Bimtek Penguatan Kapasitas Pengawas Kecamatan dan Kesektariatan se – Kota Tikep. Senin 23 Desember 2019.

Bimbingan Teknis (Bimtek) ini sebagai upaya Bawaslu dalam meningkatkan kapasitas pengawasan pemilihan umum 2020.

Kegiatan ini diselenggarakan dari 23 – 25 Desember 2019 di Penginapan Bogenfil, Gamtufkange, Maluku Utara.

Diikuti panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan dari 7 kecamatan yaitu Kecamatan Tidore, Tidore Utara, Tidore Selatan, Tidore Timur, Oba, Oba Utara, dan Oba Selatan.

Kordinator Devisi Hukum, Penindakan dan Pelangharan, Amru Arfa menuturkan, Bimtek yang diselenggarakan merupakan penguatan kapasitas pengawas menghadapi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 23 September 2020 mendatang.

“Untuk menghadapi pemilu 2020 mendatang, kapasitas Panwascam harus diasah dan dibekali dengan berbagai Perundang-undangan yang mengatur tentang pemilu,” ujarnya.

Dikatakan, selain pembekalan tentang mekanisme penanganan pelanggaran pemilu, Panwascam juga akan dibekali dengan metode pengelolaan keuangan yang baik.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan ketepatan panwascam dalam penanganan kasus maupun upaya pencegahan” tegasnya.

Selain Komisoner Bawaslu Tikep, Kegiatan ini juga menghadirkan pemateri dari Bawaslu Provinsi Maluku Utara dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) perwakilan Maluku Utara.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close